Jumat, 04 Februari 2011

Latihan Ujian Teori Kejuruan 2011

1.      Seseorang atau sejumlah orang yang menjadi sasaran komunikasi ketika orang lain menyampaikan pesannya disebut…
a.       Media
b.      Komunikator
c.       Pesan
d.      Komunikan
e.       Feed back

2.      Suatu bentuk komunikasi dimana cara penyampaian pesan,   berita, informasi dari pihak komunikator kepada komunikan melalui lisan atau tulisan disebut...
a.       Komunikasi verbal
b.      Komunikasi satu arah
c.       Komunikasi linier
d.      Komunikasi non verbal
e.       One way communication

3.      Yang termasuk media komunikasi audio adalah...
a.       Radio, telepon, pamflet
b.      Radio, telepon, plakat
c.       Radio, telepon, tape recorder
d.      Radio, telepon, brosur
e.       Radio, telepon, telegraf

4.      Bila penelepon meminta anda untuk menyampaikan pesan kepada pimpinan, anda hendaknya menjawab....
a.       Nanti saya sampaikan
b.      Sudah pak, nanti saya sampaikan
c.       Pesan bapak akan saya sampaikan
d.      Jelas pak, akan saya sampaikan
e.       Ya pak, nanti disampaikan


6.      Salah satu cara agar penjual /karyawan dapat melakukan pelayanan yang baik adalah …..
a.       Memberikan hadiah bagi karyawan yang berprestasi
b.      Mengkomunikasikan kepada semua pihak tentang harga satu pelanggan bagi perusahaan
c.       Membiarkan karyawan yang bertindak sendiri – sendiri
d.      Memperlakukan karyawan seperti raja
e.       Membuat kelompok – kelompok pegawai

7.      Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, sebagai seorang costumer service anda harus...
a.       Tenang, sopan, hormat dan tekun mendengarkan setiap pembicaraan
b.      Memberikan tanggapan seperlunya pada saat berbicara dengan pelanggan
c.       Tertib dan teratur pad waktu masuk ke ruang pimpinan
d.      Selalu memberi salam kepada sejawat
e.       Memperhatikan keadaan lingkungan kantor

8.      Tata cara berhias yang sesuai dengan penampilan serasi adalah....
a.       Menggunakann perhiasan sebanyak mungkin untuk menarik perhatian
b.      Menggunakan make up tidak berlebihan dan memakai perhiasan sewajarnya.
c.       Mengenakan model perhiasan yang trendy
d.      Menggunakan make up tebal dan mengikuti perkembangan mode
e.       Mengenakan model pakaian yang trendy

9.      Sikap tubuh tampak dalam postur siaga seperti berdiri tegak dengan dagu sedikit mendongak. Sikap seperti ini mencerminkan ....
a.       Kehangatan
b.      Sikap dingin
c.       Rasa hormat
d.      Sikap kecewa
e.       Rasa bangga

10.  Agar dapat berkerja dalam satu tim, prinsip bekerja yang harus dikembangkan adalah....
a.       Memanfaatkan potensi
b.      Perencanaan
c.       Saling menghargai
d.      Pengontrolan
e.       Bersikap tertutup

11.  Anda diperintahkan oleh pimpinan untuk membuat surat undangan rapat, maka perangkat lunak yang paling tepat digunakan adalah...
a.       Microsoft Power Point
b.      Microsoft Excel
c.       Microsoft Publisher
d.      Microsoft Word
e.       Microsoft Front Page

12.  Perangkat lunak yang biasa dipergunakan untuk melakukan presentasi adalah….
a.       Microsoft Power Point
b.      Microsoft Excel
c.       Microsoft Publisher
d.      Microsoft Word
e.       Microsoft Front Page

13.  Prosedur pengurusan surat masuk dalam sistem buku agenda adalah....
a.       Penerimaan – pencatatan – pengarahan – penyimpanan – penyampaian
b.      Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan – penyampaian – penyimpanan
c.       Penerimaan  – pencatatan – penyortiran – pengarahan – penyampaian – penyimpanan
d.      Penerimaan – penyortiran – pencatatan – penyampaian – pengarahan – penyimpanan
e.       Penerimaan – penyortiran – pencatatan – pengarahan – penyampaian – penyimpanan

14.  Untuk pengiriman surat,

15.  Proses pengiriman berita yang paling efisien dan mempunyai jangkauan luas, baik dalam maupun luar negeri, dengan menggunakan perangkat komputer adalah menggunakan fasilitas....
a.       Teleks
b.      Telegram
c.       Handy talky
d.      Internet
e.       Faksimile

16.  Dalam pendistribusian surat ke luar lingkungan perusahaan, biasanya menggunakan....
a.       Buku ekspedisi intern
b.      Lembar pengantar
c.       Lembar disposisi
d.      Kartu kendali
e.       Kartu indeks

17.  Printer yang mempunyai ciri menggunakan pita, pengoperasiannya mengeluarkan suara yang keras, digunakan juga untuk pengetikan surat dengan menggunakan tembusan, adalah tipe printer……
a.       Ink jet
b.      Risograph
c.       Laser
d.      Cannon
e.       Dot matrix

18.  Mesin pengganda dokumen yang bisa mencetak dokumen lebih dari 100 lembar dengan biaya lebih murah adalah mesin....
a.       Cetak
b.      Risograph
c.       Stensil
d.      Faximile
e.       Foto copy

19.  Dokumen yang dipergunakan secara langsung dalam proses penyelesaian pekerjaan kantor disebut
a.       Dokumen dinamis
b.      Dokumen statis
c.       Dokumen inaktif
d.      Dokumen niaga
e.       Dokumen pribadi

20.  Bentuk surat menurut internasional style, dengan ciri letak tanggal serta tanda tangan berada di sebelah kanan dan alinea baru masuk 5 spasi, serta tulisan lampiran ada di paling bawah setelah tanda tangan adalah bentuk….
a.       Official style
b.      Block style
c.       Semi block style
d.      Hanging paragraph style
e.       Indented style

21.  Penulisan tanggal surat yang benar adalah....
a.       Tangerang : 8 Januari 2011
b.      Tangerang, 8 Januari 2011
c.       Tangerang; 8 Januari 2011
d.      Tangerang 8 – jan – 11
e.       Tangerang, 8 jan 2011

22.  Dalam pola baru sistem kearsipan, surat masuk / keluar yang tergolong penting di catat dalam ....
a.       Kartu indek
b.      Kartu kendali
c.       Buku ekspedisi
d.      Lembar pengantar
e.       Lembar disposisi

23.  Apabila sebuah perusahaan mempunyai lingkup arsipnya meliputi wilayah yang luas atau mempunyai penekanan pada wilayah dalam penyimpanan arsipnya, maka system kearsipan yang cocok adalah…
a.       Sistem geograpis
b.      Sistem kronologis
c.       Sistem abjad
d.      Sistem dewey
e.       Sistem subjek

24.  Sistem penyimpanan arsip berdasarkan huruf pertama atau kedua dari nama orang, instansi/perusahaan disebut....
a.       Sistem abjad
b.      Sistem masalah
c.       Sistem tanggal
d.      Sistem wilayah
e.       Sistem nomor

25.  Berikut ini adalah jenis tempat dan alat penyimpanan surat yang diperlukan dalam system kearsipan,
a.       Filing cabinet, guide, folder, rak sortir
b.      Filing cabinet, retensi, guide, folder
c.       Filing cabinet, retensi guide, folder, rak sortir
d.      Filing cabinet, nomor, guide, folder
e.       Filing cabinet, nomor, guide, folder, rak sortir

26.  Untuk menghindari hilangnya arsip yang disebabkan oleh peminjaman  yang disebabkan oleh peminjam yang tidak tertib administrasi, maka petugas kearsipan harus menyediakan formulir khusus untuk mencatat arsip yang dipinjam, formulir tersebut dinamakan…….
a.       Kartu  indeks
b.      Out slip
c.       Routing slip
d.      Lembar tunjuk silang
e.       Lembar disposisi

27.  Pedoman tentang jangka waktu penyimpanan arsip sesuai dengan nilai dan kegunaannya serta sebagai dasar penyelenggaraan penyusutan dan pemusnahan arsip, yaitu….
a.       Out slip
b.      Jadwal retensi
c.       Tunjuk silang
d.      Kartu kendali
e.       Disposisi

28.  Apabila peralatan kantor yang digunakan oleh seorang administrasi kantor ada ketidaksesuaian fungsinya, maka langkah yang tepat untuk mengidentifikasi ketidaksesuaian (kerusakan) tersebut adalah dengan cara :
  1. Memanggil tenaga teknisi
  2. Memeriksa sendiri peralatan kantoran
  3. Mengirim alat tersebut ke pusat service
  4. Membaca manual book peralatan tersebut
  5. Membiarkan ketidaksesuaian tersebut







                      


29.Mempersiapkan penginapan, transportasi dan konsumsi peserta rapat adalah persiapan rapat dalam bentuk....
a.       Bahan rapat
b.      Materi rapat
c.       Medical checkup
d.      Akomodasi
e.       Komunikasi

30.  Tata ruang rapat untuk 50 orang peserta menggunakan ruangan berbentuk....
a.       T
b.      U
c.       Aula
d.      Bundar
e.       Empat persegi panjang
31.  Pencatatan hasil rapat/pertemuan merupakan catatan singkat mengenai hal-hal yang dibicarakan dan diputuskan dalam rapat hal tersebut dicatat pada…..
a.       Block Note
b.      LPT
c.       Notula
d.      Laporan
e.       Ekspedisi
32.  Rapat yang dilakukan sewaktu – waktu, jika hanya ingin membahas suatu masalah saja disebut....
a.       Rapat berkala
b.      Rapat insidental
c.       Rapat koordinasi
d.      Rapat Umum
e.       Rapat Akhir Tahun
33.  Peralatan yang biasa digunakan dalam kegiatan rapat untuk menampilkan bahan presentasi dari komputer atau laptop dinamakan....
a.       OHP
b.      LCD projection
c.       Flipchart
d.      Whiteboard
e.       blocknote
34.  Pimpinan atau karyawan yang melakukan perjalanan ke luar negeri dari lingkungan kantor baik dalam kota maupun luar negeri dengan tujuan melaksanakan tugas kantor disebut ….
a.       Perjalanan pribadi
b.      Perjalanan kunjungan
c.       Perjalanan wisata
d.      Perjalanan dinas
e.       Perjalanan rutin
35.  Tanda izin dengan membubuhkan stempel pada lembar paspor yang berfungsi sebagai izin memasuki Negara tertentu disebut ……
a.       Paspor
b.      Visa
c.       Fiscal
d.      Yellow card
e.       Surat tugas
36.  Jika sedang mengoperasikan mesin penghancur kertas, hal yang harus diperhatikan dalam menjaga K3 adalah....
a.       Dasi, penjepit kertas dan kerudung
b.      Rambut panjang, kerudung dan penjepit kertas
c.       Penjepit kertas, alat tulis kantor dan dasi
d.      Dasi, rambut panjang dan kerudung
e.       Alat tulis kantor, kerudung dan dasi
37.  Dokumen perjalanan yang diberikan kepada warga negara yang diberi izin untuk meninggalkan negaranya dan untuk bepergian ke negara- negara asing disebut....
a.       Yellow card
b.      Surat tugas
c.       Fiskal
d.      Paspor
e.       visa
38.  Dana kas kecil yang nilainya sudah ditetapkan sehingga penjumlahannya hanya ada pada saat pengisian kas itu sendiri. Sistem pengisian dana seperti itu disebut..
a.       Imprest fund system
b.      Fluctuation fund system
c.       Sistem dana rutin
d.      Sistem dana campuran
e.       Sistem tabelaris
39.  Peserta rapat yang selalu menentang atau tidak setuju dengan pendapat orang lain dan selalu menyalahkan pendapat orang lain. Peserta rapat seperti ini disebut....
a.       Tipe pemberi informasi
b.      Tipe inisiatif
c.       Tipe pendengar
d.      Tipe penyerang
e.       Tipe pemersatu
40.  Pemimpin rapat yang terbuka, mau menerima kritik dan saran dari peserta rapat, serta terlibat langsung dalam interaksi kelompok. Tipe pemimpin rapat seperti ini disebut....
a.       Tertutup
b.      Demokrasi
c.       Otoriter
d.      Laizess faire
e.       terbuka

1 komentar: